Kamu Adalah Pencipta Takdir Mu Sendiri

Selasa, 27 November 2012

Cara Install Turbo Pascal for Windows (TPW) di Windows 7 (Seven) 32bit dan 64bit


Buat kalian yang mau belajar Bahasa Pemrograman Pascal dari awal atau dari nol tentunya kalian membutuhkan IDE (integrated development environment) untuk Pascal. IDE (Integrated Development Environment) adalah program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak. Tujuan dari IDE adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam membangun perangkat lunak.
Sebuah IDE, atau secara bebas dapat diterjemahkan sebagai Lingkungan Pengembangan Terpadu, setidaknya memiliki fasilitas:
  • Editor, yaitu fasilitas untuk menuliskan kode sumber dari perangkat lunak.
  • Compiler, yaitu fasilitas untuk mengecek sintaks dari kode sumber kemudian mengubah dalam bentuk binari yang sesuai dengan bahasa mesin.
  • Linker, yaitu fasilitas untuk menyatukan data binari yang beberapa kode sumber yang dihasilkan compiler sehingga data-data binari tersebut menjadi satu kesatuan dan menjadi suatu program komputer yang siap dieksekusi.
  • Debuger, yaitu fasilitas untuk mengetes jalannya program, untuk mencari bug/kesalahan yang terdapat dalam program.
Sampai tahap tertentu IDE modern dapat membantu memberikan saran yang mempercepat penulisan. Pada saat penulisan kode, IDE juga dapat menunjukan bagian-bagian yang jelas mengandung kesalahan atau keraguan.
Bagi kalian masih menggunakan Window XP kalian bisa menggunakan Turbo Pascal For Window. Sedangkan bila kalian sudah menggunakan windows 7 32 bit ataupun 64 bit kalian bisa menggunakan Free Pascal. Penggunaan Free Pascal ini hampir mirip dengan Turbo Pascal For Windows, tetapi lebih simple. berikut merupakan screen shoot FreePascal :

Free Pascal - Alternative Turbo Pascal For Windows 32 bit dan 64 bit

Free Pascal - Alternative Turbo Pascal For Windows 32 bit dan 64 bit
dan di bawah ini merupakan link untuk download FreePascal (Alternatif Turbo Pascal For Windows 32bit dan 64bit), ukurannya 40,1mb :

Download Turbo Pascal 7.0

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host